Rabu, 31 Oktober 2018

on Leave a Comment

Cara Mengurangi Rontok Bunga Pada Tanaman Mangga

Inilah tips dan trik yang mudah untuk di lakukan  sebagai Cara Mengurangi Rontok Bunga Pada Tanaman Mangga memberikan hasil panen mangga yang di inginkan. 

https://caramencegahataumengurangigugurbunga.blogspot.com/2018/10/cara-mengurangi-rontok-bunga-pada.html

Bisnis buah buahan saat ini bisa menjadi peluang anda mendapatkan untung besar , karena kebanyakan masyarakat saat ini sangat peduli terhadap kesehatan sehingga akan mengkonsumsi makanan makanan yang sehat. 

Salah satu unsur makanan yang sehat tentunya buah buahan , ada berbagai macam buah buahan , salah satu buah yang banyak paling penikmati nya adalah buah mangga. 

Tentunya menjadi dambaan setiap petani untuk memiliki pohon mangga yang berbuah lebat dan manis. Akan tetapi tentunya tidaklah semudah itu. 

Untuk menghasilkan pohon mangga yang lebat dan manis tentunya harus paham dulu cara merawat pohon mangga yang dapat menghasilkan buah yang melimpah dan dapat di nikmat. 

Ada berbagai kendala yang menyebabkan pohon mangga yang di tanam tidak memberikan hasil yang maksimal salah satu nya karena saat berbunga pohon mangga berguguran sehingga tidak ada yang menjadi bakal buah. 

Untuk itu perawatan pohon mangga ini harus benar benar di jaga dan di lakukan dengan baik , di bawah ini beberapa cara merawat pohon mangga yang sedang berbunga

https://caramencegahataumengurangigugurbunga.blogspot.com/2018/10/cara-mengurangi-rontok-bunga-pada.html


·         Sebisa mungkin untuk mengenali penyebab rontok nya bunga
Jika bungan pada pohon anda berguguran haruslah di selidiki terlebih dahulu apa penyebab nyaa, supaya bisa menemukan solusi untuk mengatasi nya. 

Menurut hasil penelitian pertanian , kerontokan bunga pada pohon mangga ini di golongkan menjadi dua yaitu 


Kerontokan yang di akibatkan oleh alam yang tentunya tidak ada di cegah , seperti karena hujan dan angin kencang

Kerontokan yang di akibatkan oleh pohon mangga itu sendiri misal nya dalam proses menuju pembentukan atau pematangan buah, sang pohon mengorbankan beberapa bunga atau calon buah demi fokus pada pemberian energi makanan untuk menghasilkan buah yang lebih baik , hal ini di nilai wajar

Kerontokan karena cuaca atau iklim yang tidak menentu , contoh setelah panas tiba tiba hujan atau sebalik nya , perubahan iklim atau pancaroba menjadi musuh besar untuk para petani saat pohon mangga sedang berbunga. Karena suhu udara yang berganti dengan cepat maka membuat pohon mangga kesulitan beradaptasi dan membuat nya mengalami stress hingga sulit berbunga

Karena kemarau yang panjang, cuaca panas ekstrim yang terjadi secara terus menerus tentu akan membuat tanah atau lahan menjadi kering dan kurang nya asupan air membuat asupan energi pada pohon pun berkurang

Tidak terjadi atau bahkan gagal penyerbukan
Kurang nya hormon pembentukan buah pada pohon mangga, Karena unsur hara dalam lahan tidak mencukupi untuk menunjang pembentukan bunga dan buah pada pohon

Kerontokan karena hama penyakit
Guguran nya bunga pada pohon mangga juga bisa diakibatkan karena serangan hama penyakit. Jika anda menemui banyak hama yang menjangkiti pohon mangga , segeralah cari cara untuk membasmi hama tersebut. Jika hama ini di biakrna akan merontokan bunga pada tanaman mangga anda. 

Beberapa jenis hama yang sering menyerang seperti wereng, kutu, sisik , embun tepung dan antraknosa. 

·         Memberikan pupuk sebagai tambahan nutrisi
Harus anda ketahui jika unsur hara ini sangat di butuhkan untuk pertumbuhan pohon mangga , lebih lebih pohon tersebut memasuki masa berbunga. Anda dapat menambahkan pupuk NPK yang mana di klaim sangat tepat untuk memberikan nutrisi yang sangat di butuhkan oleh pohon mangga.
·         Menyiram pohon mangga secara rutin

Sama hal nya dengan unsur hara , air merupakan komponen penting selama proses muncul nya bunga pada pohon mangga saat tidak ada air di lahan akan membuat pohon kehilangan energi dan tidak dapat menyalurkan makanan untuk proses pembuahan. 

Dengan rutin menyiram pohon mangga minimal sekali dalam sehari akan sangat membantu mempertahankan bunga supaya tidak rontok. Saat musim kemarau panjang anda harus menyiram sehari dua kali pada pagi dan sore. 

·         Menanam lebih dari satu pohon mangga
Harus anda ketahui jika pohon mangga , adalah salah satu tanaman yang mana melakukan penyerbukan nya dengan cara silang. Jadi pohon mangga ini memerlukan partner untuk melangsungkan perkawinan.
Bayangkan jika dalam satu lingkungan hanya ada satu pohon mangga maka kemungkinan besar pohon tersebut akan mengalami gagal penyerbukan .

Pada dasar nya penyerbukan di lakukan oleh pohon mangga itu sendiri tanpa ada nya patner lain , akan tetapi tingkat keberhasilan ini hanya 20 %.

·         Memberi suplemen organik pada pohon mangga
Cara mudah yang bisa anda lakukan supaya terhindari dari bunga pohon mangga berguguran adalah dengan pemberian suplemen organik tanaman ( SOT ).

INOVASI TERBARU DAN TERBAIK DALAM PERTANIAAN !! HADIR SOT HCS ( SUPLEMEN ORGANIK TANAMAN )

https://caramencegahataumengurangigugurbunga.blogspot.com/2018/10/cara-mencegah-atau-mengurangi-gugur.html

KLIK GAMBAR !!  UNTUK INFORMASI LEBIH LENGKAP

0 komentar:

Posting Komentar