Rabu, 17 April 2019

on Leave a Comment

Cara Mengatasi Layu Pada Terong | TIPS PRAKTIS


BISA ANDA LAKUKAN , Inilah Cara Mengatasi Layu Pada Terong yang lebih praktis bisa anda andalkan untuk pertanian atau perkebunan terong yang anda miliki. 

Bergelut di bidang pertanian tentu tidak ada salah nya karena jika di jalankan dengan tepat maka itu bisa mendatangkan keuntungan yang besar. 

Salah satu jenis sayuran yang sering di budidayakan adalah terong , sayuran ini banyak peminat nya sehingga untuk pemasaran nya tidaklah terlalu sulit. 

https://caramencegahataumengurangigugurbunga.blogspot.com/2019/04/cara-mengatasi-layu-pada-terong.html

Tanaman terong termasuk salah satu jenis tanaman budidaya yang berumur panjang dan produktif untuk pembudidayaan nya pun tidak lah sulit. 

Akan tetapi anda harus mewaspadai serangan hama serta penyakit seperti layu tanaman terong yang menyerang tanaman yang bisa saja membuat gagal panen 

Inilah beberapa penyakit yang bisa menyerang tanaman terong 

Layu fusarium
Penyakit ini di akibatkan oleh cendawan fusarium oxysporum yang menyerang bagian akar tanaman , gejala nya ialah tanaman yang terlihat segar di pagi hari dan layu pada siang hari lalu segar kembali di sore hari.

Hal tersebut dapat berlangsung selama beberapa hingga tanaman mati, layu fusarium akan menyebar secara cepat pada musim hujan. 

Layu bakteri
Penyakit layu selanjut nya yang bisa menyerang tanaman terong adalah layu bakteri , gejala serangan terlihat saat ada tanaman yang layu secara tiba tiba , penyakit ini di akibatkan oleh bakteri pseudomonas solanacearum yang menyerang akar tanaman. Akar menjadi busuk sehingga mengakibatkan layu lalu kemudian mati.

Selain penyakit layu tanaman terong ini bisa di serang oleh penyakit lain nya yaitu 

Rebah semai
Rebah semai ialah penyakit yang menyerang ketika persemaian benih , bibit yang terserang akan layi dan mati karena pangkal batang membusuk.

Penyakit ini mudah menyebar pada tanaman lain nya terutama saat musim hujan.Rebah semai di akibatkan oleh cendawan pytium sp dan rhizoctonia solani.

Busuk buah
Penyakit ini di akibatkan oleh cendawan phytoptora sp untuk gejala nya di tandai dengan adanya bercak memanjang pada bagian tengah buah. Pada kulit buat terlihat bercak coklat

Penyakit yang satu ini biasanya cepat meluas keseluruh daging buah dan mengakibatkan buah lembek dan busuk sehingga buah terlepas dari tangkai di bagian kelopak dan jatuh.

Antraknosa
Gejala pada buah terdapat bercak kering berbentuk bulat berwarna hitam kecoklatan seperti terbakar.  

Pada bagian tanaman gejala terlihat dengan adanya batang yang membusuk berwarna kehitaman dan basah. Penyakit antraknosa di akibatkan oleh cendawan Gloeosporium melongena Ell

Bercak daun
Bercak daun di akibatkan oleh cendawan cerospora sp altenaria solani dan botrytis cinerea. Gejala awal terlihat adanya bercak bercak coklat berbentuk bulat pada daun tua. Lama kelamaan daun akan berubah warna kuning dan rontok 

Bercak daun pada musim hujan akan cepat menyebar keseluruh daun tanaman, tentunya penyakit pada tanaman terong ini harus di waspadai.

Busuk pangkal batang / leher akar
Penyakit lain nya yang bisa menyerang tanaman terong adalah busuk batang / leher akar yang terlihat pada pangkal batang yang membusuk, kulit yang terkelupas dan basah dengan warna kecoklatan. Karena serangan penyakit ini tanaman menjadi layu , rebah dan mati

Cara Mengatasi Layu pada tanaman terong 

Untuk pencegahan dan mengatasi permasalahan tanaman terong yang layu dan terkena penyakit lain nya kini anda bisa mengaplikasikan SOT-HCS.

SOT-HCS ialah Suplement Organik Tanaman yang bisa anda aplikasikan untuk pertanian terong anda untuk mencegah dan mengatasi penyakit layu dan penyakit lain nya.

Penggunaan SOT-HCS tidak hanya dapat mengatasi permasalah layu bakteri akan tetapai membantu memperkuat jariangan pada akar dan batang serta mampu mengurangi tingat gugur bunga dan buah.

Manfaat lain dari pengaplikasian SOT-HCS selain mengatasi layu pada terong di antara nya : 


  •     Meningkatkan produksi tanaman 40 – 100% dari aplikasi biasa.
  •     Mencegah/mengurangi proses pengguguran pada bunga dan buah.
  •     Memperkuat jaringan pada akar dan batang.
  •     Meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit seperti fungi/cendawan.
  •     Berfungsi sebagai katalisator, sehingga dapat mengurangi penggunaan pupuk dasar sampai dengan 80%.
  •     Mempercepat masa panen pada tanaman semusim dan memperpanjang masa umur tanaman yang sedang berproduksi yang tidak habis satu kali panen, dengan memberikan efek panjangnya masa berproduksi tanaman seperti tomat, cabe, kacang panjang, mentimun, dan sebagainya

    Cara penggunaan SOT HCS


Tanaman lemah (Kol, seledri, dll)           


Penggunaan >> 5 tutup botol SOT dilarutkan dengan 14 liter air 3 x penyemprotan berturut-turut jarak 10 hari sekali

 Tanaman tidak berbatang (Padi, jagung, cabe, tomat, dll)           

Penggunaan >> 5 tutup botol SOT dilarutkan dengan 14 liter air 3 x penyemprotan berturut-turut jarak 15 hari sekali

Tanaman tinggi berbatang (Kelapa sawit, jeruk, cokelat, cengkeh, kopi, dll)        

Penggunaan >>  5 : 500 atau 10 cc SOT dilarutkan dengan 5 liter air 3/4 x penyemprotan berturut-turut jarak 1 minggu sekali selama 5 bulan

Tanaman Hias (Mawar, anggrek, melati, dll)       

Penggunaan 1 : 1500 atau setiap 1 tutup SOT dilarutkan dengan 15 liter air  2 x penyemprotan berturut-turut jarak 2 minggu sekali

    SOT HCS sangat baik digunakan pada persemaian, pembibitan dengan dosis 1 : 1500 atau setiap 10 cc SOT HCS dilarutkan dengan 15 liter air.

Catatan :
Untuk setiap aplikasi SOT, diharuskan penambahan gula (gula pasir/putih, gula aren, gula semut, dsb) atau tetes tebu agar daya kerjanya lebih maksimal.  Setiap 1 tutup botol SOT diperlukan 1 sendok makan gula pasir. Gula dicampurkan pada saat membuat larutan SOT (misal dalam 1-2 liter air dulu), setelah larut baru kemudian ditambahkan air sesuai rekomendasi

SEGERA APLIKASIKAN SOT-HCS SEKARANG JUGA !! 


PEMESANAN MELALUI VIA SMS/WA
Ketik : Kode Produk ( INSOT ) # Jumlah Pesanan # Nama Lengkap # Alamat Lengkap # No.Hp/tlp

KIRIM KE 0823 1891 5901 ( SMS/WA ) 

Contoh Format Pemesanan 2 Botol
INSOT: 2 Botol : FIRMAN: Jl Taruma Negara no 16  Kec Bantarujeg  Majalengka  : 085223698xxx

KIRIM KE   0823 1891 5901 ( SMS/WA )

HARGA PRODUK PERBOTOL  INSOT ( SOT-HCS )
Harga : 80.000 / 1 botol
Harga : 150.000 / 2 botol

Ingat Kode Produk INSOT Harus Di Cantumkan di setiap sms pemesananya

MELAYANI PEMESANAN VIA WA/BUKALAPAK/TOKOPEDIA

https://bit.ly/2YMWTiI

 
https://www.tokopedia.com/degrasimbasli
https://www.bukalapak.com/u/degrasimba303

0 komentar:

Posting Komentar